Sunday, July 29, 2012

Review Materi Prainteraksi PPAB MTI 2011 Minggu 29 Juli 2012

Assalamu'alaikum wr wb.
Acara prainteraksi PPAB MTI dimulai pukul 13.00 di amphiteather. Materi pertama adalah pengenalan mengenai MTI dan PPAB oleh Ka  Hervy Tri Fasano  MTI '09. Beliau menjelaskan mengenai Popope (Potensi, Posisi, dan Peran) Mahasiswa. Selain itu beliau juga menerangkan mengenai dasar MTi yakni untuk menghasilkan  output mahasiswa yang cakap, profesional, dan bermoral. PPAB berfungsi untuk membentuk mahasiswa yg cakap, profesional, bermoral, berpengabdian dan berkeprofesian agar bisa berkontribusi untuk Indonesia 


Ada empat poin penting mengenai kampus ITB yang tergores di monumen di Plaza widya. Keempat point tersebut yakni :
1. kampus ITB adalah tempat menimba ilmu sains dan teknologi,
2. kampus sebagai tempat untuk bertanya dan mendapatkan jawabannya,
3. kampus sebagai tempat mengembangkan watak dan kepribadian mahasiswa, dan
4. kampus bukan menjadi  pelopor pembangunan melainkan menjadi pelopor pemersatu bangsa Indonesia.


Setelah pembukaan dan penjelasan mengenai PPAB MTI, acara dilanjutkan dengan kuis cepat mengenai kepribadian. Tes cepat tersebut terdiri dari 37 soal yang tersusun dari empat pilihan ganda. Kami diminta untuk menuliskan secara cepat jawaban abjadnya di secarik kertas. Pembagian kepribadian yang dimaksud di sini adalah empat kepribadian yang di bahas di 'buku kuning' Personality Plus karangan tante Florence Littauer. Untuk keterangan lengkap mengenai kepribadian Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Phlegmatis dapat Anda baca di buku tersebut.

Rangkaian acara selanjutnya adalah pembacaan Kontrak Belajar, namun sebelumnya panitia yang baik hati memobilisasi kami ke tempat yang lebih sejuk dan teduh yakni di selasar GKU Barat (yang biasa dipakai tempat ibadah). Sempat terjadi perseteruan kecil antara peserta dan panitia yang terjadi saat pembacaan kontrak belajar.  Kemudian acara ditutup dengan pembacaan tugas-tugas oleh tim Litbank.

Terima Kasih
Wassalamu'alaikum wr. wb


1 comment:

  1. Komentar dari saya :
    Kami menghabiskan terlalu banyak waktu membahas mengenai minimum kehadiran 100%. Kalau menurut saya itu tidak usah terlalu dibahas. Karena sudah pasti tidak akan terjadi 166 orang hadir. Sudahlah, pasrah dan ikhlaskan saja angkatan 2011 untuk dihukum. Toh ga parah-parah amat, kan?
    Awalya saya mau berpendapat seperti ini di dalam forum. Tapi kemudian saya berpikir lagi. Alangkah tidak bijaknya apabila saya berkata demikian yang akan memicu perseteruan diantara kedua belah pihak

    ReplyDelete