Thursday, August 2, 2012

Review Hari Interaksi Pertama Rabu 1 Agustus 2012


Sebelum kumpul awal pada interaksi hari pertama, terlebih dahulu kami melakukan kumpul angkatan jam 6 pagi di gedung PLN. Kami bertemu dengan rekan-rekan Teknik Kimia yang juga sedang menyiapkan interaksi. Kami melengkap tugas-tugas kami yang kurang seperti name tag, biodata teman, kepangan identitas dan perlengkapan wajib.  Kami terlambat berkumpul ke GSG karena baru berangkat setelah waktu menunjukkan pukul setengah delapan lebih.  Waktu apel awal kami diingatkan kembali mengenai pentingnya kegiatan PPAB ini bagi diri kami sendiri. Setelah itu dilakukan pengecekan perlengkapan dan tugas-tugas.  Ada 56 orang dari angkatan kami yang terkena konsekuensi karena ketidaklengkapan bawaan dan kesalahan mengerjakan tugas. Oleh karena itu kami mengajukan solusi agar pada interaksi berikutnya tidak ada yg mendapat konsekuensi. Solusi tersebut antara lain dengan system buddy yang saling mengingatkan antar pasangan, pendataan kelengkapan barang bawaan, dan pengecekan perlengkapan terlebih dahulu sebelum mulai acara interaksi.

Setelah apel pagi dan pengecekan barang bawaan selesai, kami dimobilisasi ke labtek PTI di gedung Teknik industri. Di sana kami menyimak talk show mengenai visi hidup yang dibawakan oleh ka Rihan El ’04. Saya kebetulan mendapatkan bocoran akan adanya acara talk show ini karena diberitahukan langsung oleh ka Rihan yang notabene adalah mentor saya.  Beliau menekankan pentingnya mempunyai sebuah tujuan dalam hidup kita yang akan membimbing menuju jalan kesuksesan.  Sesi tanya jawab yang dilakukan setelah talk show disambut dengan antusias oleh peserta yang ingin bertanya. Di sini ka Rihan menggali lebih dalam tentang bagaimana menemukan passion dan menjaganya agar terus memberikan semangat kepada kita dalam mencapai tujuan hidup yang kita targetkan.

Sesi mentoring dilaksanakan setelah selesai talkshow dari ka Rihan. Kami dibagi menjadi dua belas kelompok. Masing-masing kelompok dipegang oleh dua orang pembimbing. Kemudian kami dimobilisasi menuju tempat mentoring masing-masing.  Saya masuk ke dalam kelompok sepuluh. Lokasi yang kami pilih menjadi tempat mentoring adalah selasar gedung PLN. Kami membahas mengenai penyususan tujuan hidup secara SMART-C (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time Bonding, and Chalenging) visi dan misi hidup, pembuatan time capsule yang memperjelas pencapaian misi kita, dan materi mengenai penyusuna SWOT (Strength, Weakness, Opportuniti, dan Threat) dan TOWS Strategi (bagaimana kita menghubungkan keempat point T, O, W, S untuk dapat membantu mencapai tujuan kita).

Setelah selesai sesi mentoring, kami dimobilisasi untuk diberikan tugas oleh litbang ke lab PTI. Kemudian interaksi hari pertama ditutup dengan apel sore di GSG.

No comments:

Post a Comment